logo Kompas.id
Bebas AksesSiswa Alami Dampak Psikologis ...
Iklan

Siswa Alami Dampak Psikologis Pembelajaran Jarak Jauh Paling Nyata

Dari semua subyek satuan pendidikan, siswa ternyata paling terdampak selama proses pembelajaran jarak jauh. Mereka harus melakukan penyesuaian akademik, membatasi interaksi sosial, dan mengalami perasaan negatif.

Oleh
MEDIANA
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/TkV9tTxbliPT7vD1TB_o-wDoXRI=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F05%2F20200514_ENGLISH-HARI-KELUARGA_C_web_1589462172.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO

Siswa kelas II SD Islam Al Bayan mengerjakan soal penilaian akhir tahun secara daring dengan pengawasan orangtua di Kota Tangerang, Banten, Rabu (29/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS — Penerapan pembelajaran jarak jauh ataupun tatap muka di era normal baru pendidikan memiliki implikasi psikologis kepada siswa. Diperlukan dukungan orangtua, guru, dan sesama teman pergaulan agar siswa tidak stres.

Sejumlah dosen di Departemen Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, menyurvei 1.403 responden siswa dari 21 provinsi di Indonesia. Penelitian menggunakan kuesioner daring yang disebar secara acak melalui jejaring media sosial selama 6-12 Mei 2020. Dari sisi jenjang pendidikan, responden SMP mencapai 753 orang, SMA 351 orang, dan perguruan tinggi 299 orang.

Editor:
Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000