Fotografi Foto Cerita Kesunyian di Sekolah Kala Pandemi
Kompas/Priyombodo
Foto Cerita

Kesunyian di Sekolah Kala Pandemi

Oleh PRIYOMBODO ·
Kompas/Priyombodo

Lapangan yang lama tanpa upacara bendera.

Suasana sunyi menyelimuti gedung SD Negeri Petukangan Selatan 03/05 di Kecamatan Psanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (21/5/2020) pagi. Sunyi itu bukan hanya karena saat ini sudah memasuki libur sekolah, melainkan juga kesunyian dari proses belajar mengajar di lingkungan sekolah tersebut yang sirna sejak 12 Maret 2020 ketika pemerintah menghentikan kegiatan sekolah sebagai langkah antisipasi penyakit Covid-19.

Kompas/Priyombodo

Bendera Merah Putih tetap berkibar.

Kompas/Priyombodo

Lapangan basket yang  lama tidak digunakan.

Tidak hanya SD Negeri Petukangan Selatan, Sirnanya canda tawa siswa juga terjadi di seluruh sekolah di Tanah Air bahkan dunia. Dalam sekejap virus korona baru mengubah kegiatan belajar. Sejak pandemi, siswa diharuskan belajar dari rumah dengan berbagai pola sistem pembelajaran jarak jauh. Sekolah tergagap-gagap menerapkan pola pembelajaran jarak jauh. Kendala siswa yang tidak memiliki komputer, telepon seluler, hingga kuota internet menjadi persoalan lain yang membuat pembelajaran jarak jauh sulit dilakukan.

Kompas/Priyombodo

Koleksi piala prestasi dari siswa.

Kompas/Priyombodo

Kesunyian di SD Negeri Petukangan Selatan 03/05.

Kompas/Priyombodo

Mural di salah satu tembok.

Kompas/Priyombodo

Mural di salah satu sudut  SD.

Kompas/Priyombodo

Lorong sunyi.

Meski demikian, semua rintangan itu telah dijalani hingga ujian akhir semester jarak jauh pun telah dilalui. Ke depan, kita berharap pandemi ini segera berakhir sehingga rencana masuk sekolah pada pertengahan Juni 2020 bisa dilaksanakan. Dan pada akhirnya semua mendambakan canda tawa siswa kembali mengisi ruang-ruang kosong kelas yang telah lama ditinggalkan.