Bebas Akses

Ekonomi Mudah Sewa Properti lewat Aplikasi Cicilsewa
Industri Digital

Mudah Sewa Properti lewat Aplikasi Cicilsewa

Oleh Prasetyo Eko Prihananto
CICILSEWA
CEO Cicilsewa Hendry Oktavianus (kanan) bersama Direktur Keuangan Andrew Buntoro (tengah) dan komisaris Cicilsewa, Ridchi.

JAKARTA, KOMPAS — Industri penyewaan properti di Indonesia saat ini belum bisa mengakomodasi kebutuhan pasangan muda, pemilik usaha kecil, ekspatriat, pekerja pemula, dan mahasiswa. Ini karena pembayaran sewa harus dilakukan satu tahun, dua tahun, atau bahkan lima tahun di muka, itu pun di luar deposit.

Sebuah aplikasi mencoba menawarkan solusi untuk mengatasi masalah pembayaran sewa properti tersebut sehingga menjadi lebih mudah. Aplikasi bernama Cicilsewa itu akan membantu masyarakat untuk menyewa properti dengan pembayaran bulanan, seperti halnya di sistem penyewaan di luar negeri. Dengan sistem ini, kebutuhan penyewa untuk memiliki hunian yang layak akan lebih ringan tanpa harus membayar sewa yang besar di awal.

”Cicilsewa hadir untuk membantu mengatasi kesenjangan di pasar properti ini, memenuhi kebutuhan individu yang tidak ingin atau belum bisa berkomitmen untuk kepemilikan properti, tetapi tidak memiliki sarana untuk memenuhi pembayaran di muka 12 bulan untuk rental properti,” kata CEO Cicilsewa Hendry Oktavianus di Jakarta dalam siaran pers, Senin (11/2/2019).

KOMPAS/PRIYOMBODO
Hunian vertikal yang terintegrasi dengan stasiun transportasi massal kereta ringan (LRT) di kawasan Bekasi dipasarkan dalam REI Mandiri Property Expo 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (18/11/2018). Pengembang aplikasi memasuki pasar industri penyewaan properti dengan membuat aplikasi pembayaran sewa.

Dijelaskan, ketika pengguna Cicilsewa mendapatkan kesepakatan pada properti rental pilihan mereka, aplikasi ini akan membantu mendanai biaya sewa properti. Pelanggan cukup menyerahkan deposit, lalu membayar cicilan bulanannya ke Cicilsewa selama periode yang disepakati.

Sudah berlangganan? Silakan Masuk

Konten Premium, Independen

Anda sedang mengakses konten premium Kompas.id secara gratis.

”Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2018, Cicilsewa menggandeng agen-agen properti berpengalaman yang telah berhasil membantu banyak para penyewa rumah, apartemen, dan ruko, untuk menyewa properti impian mereka, di area Jabodetabek,” ungkap Hendry.

”Dengan Cicilsewa, kami berharap para pekerja, mahasiswa, wiraswasta, dan semuanya mampu menyewa properti di lingkungan yang lebih baik. Kami juga berharap, dengan Cicilsewa, mereka akhirnya akan mampu menyewa di tempat yang lebih dekat dengan aktivitas mereka (less commute) sehingga kualitas hidupnya akan lebih baik, dan akhirnya kami juga dapat membantu pemerintah mengurangi kemacetan lalu lintas.” kata Hendry.

Hendry menyebutkan, Cicilsewa berencana memperluas layanan di luar area Jabodetabek sehingga dapat membantu mengubah wajah properti sewaan di Indonesia. Pada acara Indonesia Properti Expo yang diadakan di Jakarta Convention Centre tanggal 2-10 Februari 2019 lalu, Cicilsewa juga sudah ikut berpartisipasi dan diharapkan bisa menjadi alternatif bagi para pengguna yang belum menemukan properti idamannya. (*)

KOMPAS/RADITYA HELABUMI
Gedung-gedung bertingkat yang terdiri dari perkantoran, hotel, dan apartemen di Jakarta, Rabu (9/1/2019). Penyerapan ruang perkantoran dan apartemen pada 2019 diperkirakan masih rendah karena sejumlah pengaruh domestik, termasuk pemilihan umum (pemilu).

Artikel ini bisa diakses hingga 18 Februari 2019 Masuk
Anda sedang mengakses konten premium Kompas.id secara gratis.