JAKARTA, KOMPAS – PT Suzuki Indomobil Sales, yang memasarkan kendaraan roda empat dan roda dua bermerek Suzuki di Indonesia, siap memberikan pelayanan pelanggan Suzuki dalam menyambut arus mudik Idul Fitri 2019. Tahun ini, posko untuk kendaraan yang melintas dari Jakarta dan sekitarnya melalui Tol Trans Jawa disediakan posko singgah khusus di Rest Area KM 102 Tol Cipali, Jawa Barat.
Sementara, dua posko lainnya disiapkan di Jalan Jenderal Sudirman, Cikampek, Jawa Barat; dan Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk, Jembrana, Bali. Posko-posko ini disediakan untuk melayani pelanggan, baik sepeda motor maupun mobil.
Tak hanya tiga posko ini, Suzuki juga menyediakan Bengkel Siaga Mudik yang terletak di 12 provinsi dari Sumatera, Jawa, hingga Bali. Total Bengkel Siaga Mudik mendapai 30 gerai untuk mobil dan 15 bengkel sepeda motor.
“Posko yang terletak di Jembrana ini boleh dibilang untuk pertama kalinya. Tentunya, kami sudah melakukan riset kebutuhan pelanggan. Setelah tol Trans Jawa beroperasi, ada godaan pemudik untuk terus melaju berlibur ke Bali,” ujar Roy Astungkoro selaku Kepala Seksi Marketing PT SIS dalam acara berbuka puasa bersama jurnalis di Jakarta, Kamis (23/5/2019).
Sejumlah posko dan bengkel siaga tersebut menjadi bagian dari program "Ketupa Mudik Ramadan 2019" yang digelar PT SIS guna memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik saat berkendara. Tak sekadar posko dan bengkel siaga, Suzuki juga menyiapkan 162 mobil derek (towing) untuk membantu pelanggan saat mengalami permasalahan di jalan raya. Armada mobil derek ini tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara Barat.
Ajad Tri Hadmiko dari bagian Service Area PT SIS yang menjadi pimpinan Program Mudik Suzuki 2019 ini menjelaskan, “Towing disediakan secara gratis khusus bagi kendaraan Suzuki yang masih bergaransi dan mengalami masalah di dalam perjalanan. Apabila dibutuhkan, towing ini akan mengangkutnya menuju bengkel Suzuki terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.”
Meski demikian, fasilitas towing ini tidak disediakan secara gratis bagi pelanggan yang mengalami kecelakaan di dalam perjalanan. Sebab, kecelakaan biasanya sudah terkait dengan urusan pihak asuransi kendaraan.
Posko mudik ini akan beroperasi pada 29 Mei hingga 4 Juni 2019, sementara Bengkel Siaga mulai 30 Mei hingga 6 Juni 2019. Posko-posko tersebut dilengkapi dengan fasilitas, seperti ruang tunggu, musala, ruang hiburan, serta tersedia makanan ringan dan takjil untuk berbuka puasa.
Bahkan, dua posko di Jawa Barat mendapat tambahan fasilitas pemeriksaan kesehatan yang disponsori asuransi BNI Life. Pelanggan dapat memeriksakan kesehatan berupa tensi tekanan darah, gula darah, dan obat-obatan bagi pelanggan yang membutuhkan.
Program Suzuki Ketupat Mudik Ramadan 2019 dilengkapi dengan layanan Hallo Suzuki 0800-1100-800. Layanan ini beroperasi selama 24 jam dan bebas pulsa karena sudah menggunakan Hallo Suzuki Mudik Assistance.
Suzuki memperkirakan, jumlah pelanggan mudik yang akan mendapatkan pelayanan program tahun ini mencapai 4.620 pelanggan. Jumlah ini naik sekitar 12 persen dibandingkan tahun 2018.
Beroperasinya Tol Trans-Jawa memang diperkirakan akan membuat moda transportasi darat sebagai pilihan para pemudik. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memperkirakan, sepanjang arus mudik tahun 2019, jumlah pemudik melalui jalan darat mencapai 5,707 juta unit kendaraan atau naik 4,4 persen dibandingkan tahun 2018. (OSA)