Gaya Hidup Sian, Jendela Masa Depan Lamborghini

bebas akses Otomotif

Sian, Jendela Masa Depan Lamborghini

Hanya berselang dua hari setelah sebuah video teaser berdurasi sekitar 12 detik muncul di laman media sosial mereka, pabrikan otomotif Italia ini memastikan kemunculan hypercar berbasis hibrida, Lamborghini Sian.

Oleh Mahdi Muhammad
· 2 menit baca
DOKUMEN AUTOMOBILI LAMBORGHINI

Produsen supercar Italia, Lamborghini, memastikan akan meluncurkan mobil hypercar hibrida Sian saat Frankfurt Motorshow 2019, pekan depan. Sian, yang hanya akan diproduksi 63 unit, sudah ludes terjual sebelum peluncuran perdananya.

BOLOGNA, SELASA — Lamborghini tampaknya tidak bisa terlalu lama menyimpan rahasia. Hanya berselang dua hari setelah sebuah video teaser, video mini berdurasi sekitar 12 detik, muncul di laman media sosial mereka, pabrikan otomotif Italia ini memastikan kemunculan hypercar berbasis hibrida, Lamborghini Sian.

Stefano Domenicali, Presiden Direktur Automobili Lamborghini, dalam siaran pers yang diterima Kompas, Selasa (3/9/2019), menyebutkan, Lamborghini Sian adalah adikarya baru desainer dan insinyur Lamborghini untuk memasuki masa depan.

”Sian adalah langkah pertama kami untuk memasuki masa depan, masa di mana mobil hibrida dan elektrifikasi adalah sebuah hal yang tidak bisa dihindari lagi,” kata Domenicali.

DOKUMEN AUTOMOBILI LAMBORGHINI

Lamborghini memastikan akan meluncurkan mobil hypercar hibrida Sian pada Frankfurt Motorshow 2019, pekan depan. 

Kemunculan Sian menepis rumor yang muncul bahwa Lamborghini akan memasuki masa produksi massal Terzo Millenio, mobil hibrida konsep mereka yang sudah muncul dua tahun lalu. Hal ini tentu saja di luar ekspektasi karena banyak yang mengira waktu dua tahun lebih dari cukup untuk memunculkan Terzo Millennio yang didesain sangat radikal.

Selain itu, calon konsumen dan pengamat otomotif dunia menunggu bukti nyata material baru hasil kerja sama dengan dua laboratorium di kampus Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat. Meski bukan Terzo Millennio yang akan diluncurkan, Lamborghini menyebutkan, desain lampu depan terinspirasi dari desain mobil konsep tersebut.

Hibrida

Sudah Berlangganan? Silakan Masuk

Good Day, It's Payday!

Diskon 30% langganan Kompas.id, buku reguler, board game, & kaus. Promo berlaku di official store Harian Kompas di marketplace*, 22-30 September

Sian tetap mengadopsi mesin 6,5 liter berkonfigurasi V12 yang disematkan pada Lamborghini SVJ Roadster dan Aventador, yang mampu menelurkan tenaga hingga 785 hp (577 kilowatt). Seperti halnya mobil hibrida lainnya, Sian mengadopsi sebuah baterai (e-motor) berkapasitas 48 volt, menambah tenaga mobil ini hingga 34 hp, yang membuat total daya yang disemburkan sistem hibrida Sian mencapai 819 hp.

DOKUMEN AUTOMOBILI LAMBORGHINI

Lamborghini akan meluncurkan mobil hypercar hibrida mereka, Sian, pada Frankfurt Motorshow 2019, pekan depan. 

Lamborghini mengklaim mobil ini bisa dipacu 0-100 kilometer per jam dalam waktu 2,8 detik. Pedal gas pun bisa diinjak dalam-dalam hingga batas kecepatan maksimal 350 kilometer per jam.

Ludes

Lamborghini mengumumkan hanya akan memproduksi 63 unit Sian. Meskipun belum diumumkan harganya, Lamborghini mengumumkan bahwa seluruh unit yang akan mereka produksi sudah ludes terjual kepada calon konsumen mereka.

Lamborghini tidak menjelaskan kapan akan memulai produksi Sian di markas mereka, Sant’Agata-Bolognese, Bologna. Namun, sepekan sebelumnya, mereka telah mencanangkan akan memproduksi dengan jumlah sangat terbatas tahun ini untuk dua produknya, yaitu Lamborghini Huracan EVO GT dan Lamborghini Aventador Roadster SVJ.

Editor -
Bagikan