Bebas Akses

Humaniora NU Gelar Pameran Foto Masjid Nusantara di Belanda
Budaya

NU Gelar Pameran Foto Masjid Nusantara di Belanda

Oleh ELSA EMIRIA LEBA
DOKUMENTASI PANITIA PAMERAN THE FACE OF ISLAM IN INDONESIA
Direktur Eksekutif Universitas Radboud Daniel Wigboldus; Atase Kebudayaan KBRI Din Wahid; dan narator pameran The Face of Islam in Indonesia, Susi Ivvaty; dalam pameran bertema ”The Face of Islam in Indonesia” di aula Universitas Radboud, Nijmegen, Belanda, Rabu (12/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS — Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Belanda menggelar pameran foto masjid Nusantara di Nijmegen, Belanda, untuk memperkenalkan sejarah Islam Indonesia kepada dunia internasional.

Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI NU) bekerja sama dengan Alif.id dan Museum Bronbeek Arnhem untuk mengadakan pameran bertema ”The Face of Islam in Indonesia” di aula Universitas Radboud, Nijmegen, Belanda, Rabu (12/6/2019).

Pameran tersebut merupakan bagian dari Konferensi Internasional Dua Tahunan Kedua tentang Islam Moderat di Indonesia: Mencari Jalan Tengah (Al-Wasathiyya) Artikulasi Islam Moderat di Indonesia.

Acara tersebut dibuka oleh Direktur Eksekutif Universitas Radboud Daniel Wigboldus serta Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia Din Wahid pada Rabu (12/6/2019).

”Masjid di Indonesia berbeda dengan Islam di jantungnya Islam, yaitu jazirah Arab dan Timur Tengah. Di Indonesia, Islam sudah berbaur dengan lokalitas sehingga bentuk masjid-masjidnya pun berbeda. Namun, Islam di Indonesia itu valid,” kata Din melalui keterangan tertulis.

Sudah Berlangganan? Silakan Masuk

Tengah Minggu, Kok Lesu? Ada Diskon 50% Nih!

Pakai kode TENGAHMINGGU201906, dapat diskon 50% untuk Kompas Digital Premium, board game, buku reguler, dan kaus. Hanya berlaku 19 Juni 2019.

Pameran foto tersebut menarik perhatian publik, terutama dosen dan mahasiswa. Para tamu aktif bertanya mengenai sejarah masjid-masjid dan perannya terhadap peradaban Indonesia.

DOKUMENTASI PANITIA PAMERAN THE FACE OF ISLAM IN INDONESIA
Direktur Eksekutif Universitas Radboud Daniel Wigboldus melihat pameran bertema ”The Face of Islam in Indonesia” di aula Universitas Radboud, Nijmegen, Belanda, Rabu (12/6/2019).

Penanggung jawab pameran dan konferensi, K Sa’diyah-Broersma, menambahkan, masjid di Indonesia memiliki keunikan. Salah satunya adalah beduk atau alat pemanggil waktu shalat yang kerap digunakan di kota kecil dan perdesaan.

Wigboldus berharap pameran foto tersebut dapat menarik minat sivitas kampus sehingga semakin mengenal Indonesia. Lokasi pameran foto masjid itu berada di pusat universitas sehingga menjadi pusat perhatian.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut sejumlah perwakilan PCI NU Belanda, antara lain Ketua PCI NU Belanda Ibnu Fikri, mantan Ketua PCI NU Belanda Fachrizal Afandi, dan Sekretaris Umum PCI NU Belanda Fahrizal Yusuf Affandi.

Artikel Terkait

NU Gelar Pameran Foto Masjid Nusantara di Belanda

Penanggung jawab pameran dan konferensi, K Sa’diyah-Broersma, menambahkan, masjid di Indonesia memiliki keunikan. Salah satunya adalah beduk atau alat pemanggil waktu shalat yang kerap digunakan di kota kecil dan perdesaan. Wigboldus…

Gelar Batik Nusantara 2019 Tonjolkan Batik Sumatera

Keunikan batik dari luar Pulau Jawa ditonjolkan dalam Gelar Batik Nusantara 2019 di Jakarta Convention Center, 8-12 Mei 2019. Mengusung tema ”Lestari Tak Berbatas”, keindahan batik dari Sumatera, misalnya, dipamerkan. Selain pameran…

Lenny Kravitz Menggelar Pameran Foto di Jerman

Tidak banyak yang tahu kalau musisi rock Lenny Kravitz (55) adalah seorang fotografer yang serius. Penyanyi yang punya tampilan retro dengan rambut gimbal, jaket belel, sepatu boots kulit, dan kacamata aviator hitam ini produktif memotret…