Kesalahan Saldo Nasabah Bank Mandiri Segera Normal
›
Kesalahan Saldo Nasabah Bank...
Iklan
Kesalahan Saldo Nasabah Bank Mandiri Segera Normal
Kesalahan atau galat pada proses pemindahan data transaksi harian PT Bank Mandiri (Persero) Tbk membuat jumlah saldo sebagian nasabah berubah. Namun, bank berpelat merah itu memastikan, saldo rekening nasabah akan segera pulih.
Oleh
Dimas Waraditya Nugraha
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Kesalahan atau galat yang terjadi pada proses pemindahan data transaksi harian PT Bank Mandiri (Persero) Tbk membuat jumlah saldo sebagian nasabah berubah. Namun, bank berpelat merah itu memastikan, saldo rekening nasabah akan segera pulih seperti semula.
Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rohan Hafas mengatakan, setiap dini hari, data transaksi nasabah di kantor cabang seluruh Indonesia yang dilakukan pada hari sebelumnya disalin. Setelah itu, data ditransfer untuk direkap ke dalam sistem inti di kantor pusat.
Sayangnya, proses pemindahan data transaksi harian yang dilakukan pada Sabtu (19/7/2019) dini hari bermasalah. Dampaknya, jumlah saldo dari sekitar 10 persen nasabah Bank Mandiri berubah, baik itu berkurang maupun bertambah.
”Perubahan tersebut terjadi karena terjadi error (galat) pada saat perpindahan proses dari core system (sistem inti) ke back up system (sistem pencadangan) yang rutin kami laksanakan setiap hari,” kata Rohan saat dihubungi, Sabtu.
Dia memastikan pada siang hingga sore ini saldo semua nasabah akan kembali normal. Bank Mandiri menegaskan, jumlah saldo nasabah telah terekap di setiap kantor cabang sehingga tidak akan ada saldo nasabah yang berkurang.
Bank Mandiri menegaskan, jumlah saldo nasabah telah terekap di setiap kantor cabang sehingga tidak akan ada saldo nasabah yang berkurang.
Adapun bagi nasabah yang saldo rekeningnya bertambah dan sempat menarik simpanan di luar jumlah saldo seharusnya, Bank Mandiri akan menelusuri dan meminta nasabah tersebut untuk mengembalikan uangnya.
”Mewakili jajaran direksi Bank Mandiri, saya menyampaikan permohonan maaf terhadap ketidaknyamanan yang dialami nasabah terkait dengan perubahan saldo rekening,” kata Rohan.
Fakhrul Rozi (39), nasabah Bank Mandiri yang tinggal di Jakarta Barat, mengatakan, saldo rekening Bank Mandiri-nya berkurang sampai Rp 15 juta. Meski awalnya terkejut, dia menjadi lebih tenang setelah menerima informasi dari Bank Mandiri bahwa saldonya akan kembali normal.
”Tetapi nanti kalau saldonya sampai sore ini tidak kembali saya akan hubungi call center (pusat layanan) Bank Mandiri lagi untuk meminta kejelasan,” ujarnya.