logo Kompas.id
Media dan Politik...
Iklan

Media dan Politik Pascakebenaran

Di mana posisi media jurnalisme pada era pascakebenaran? Pascakebenaran bertumpu pada dunia alam pikiran, khususnya keyakinan emosional, bukan pada kebenaran yang berasal dari realitas empiris.

Oleh
Ashadi Siregar
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/PeKTNbMXeIA4cEyF4szqB3p5DG0=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F10%2F20180608DRA30.jpg
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Ashadi Siregar

Di mana posisi media jurnalisme pada era pascakebenaran? Pascakebenaran bertumpu pada dunia alam pikiran, khususnya keyakinan emosional, bukan pada kebenaran yang berasal dari realitas empiris. Dapat disebut juga pascafakta, merupakan gelombang yang menggempur keberadaan media jurnalisme yang bergerak pada dan untuk kebenaran faktualias.

Dalam konteks jurnalisme, fakta selamanya berkaitan dengan pihak-pihak yang punya kepentingan berbeda. Karenanya kebenaran faktualitas harus didukung dengan epistem obyektivitas, keberimbangan/tak berpihak dan netralitas.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000