logo Kompas.id
MetropolitanPandemi Covid-19, Tantangan...
Iklan

Pandemi Covid-19, Tantangan dan Peluang 17 Tahun Transjakarta

Transjakarta sudah 17 tahun melayani mobilitas warga Ibu Kota. Di masa pandemi, Transjakarta dituntut meningkatkan performa dan berinovasi mendongkrak kembali jumlah penumpang tanpa melanggar protokol kesehatan.

Oleh
Helena F Nababan
· 7 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/6dR0CoG6twERma7bXkTOPjc126Q=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F01%2F1098dae6-d5c2-40be-9a14-6dcc3072e1e3_jpg.jpg
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Warga naik bus transjakarta seusai pulang kerja di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (6/1/2021).

Pekan lalu, tepatnya pada 15 Januari 2021, tak terasa perjalanan atau mobilitas warga Ibu Kota menggunakan layanan angkutan massal berbasis bus, yaitu jaringan Transjakarta sudah memasuki tahun ke-17. Dengan adanya pandemi, jaringan angkutan umum yang semula pernah melayani hingga 1 juta orang per hari itu, kini kehilangan sebagian besar penumpangnya.

Ada pekerjaan rumah yang mesti dikerjakan Transjakarta, yaitu mengembalikan lagi "mantan-mantan" penggunanya untuk mau menggunakan bus berjalur khusus tersebut, di samping upaya mewujudkan layanan yang terintegrasi antarmoda.

Editor:
nelitriana
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000