logo Kompas.id
Riset”Narrative Economics” dan...
Iklan

”Narrative Economics” dan Peran Narasi dalam Perekonomian

Peristiwa besar ekonomi tidak dapat digambarkan oleh narasi tunggal. Robert J Shiller mengungkapkan. kumpulan narasi dapat melengkapi atau memperkuat satu sama lain.

Oleh
Wirdatul Aini
· 8 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/gpUF5-A430tzKQoMktQRjBxia8M=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F05%2FIMG_9705_1590049310.jpg
KOMPAS/MACHRADIN WAHYUDI RITONGA

Salah seorang warga berjongkok sambil mengante untuk mengambil bantuan langsung tunai (BLT) sebagai dampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Tidak ada jarak aman antarwarga sehingga mereka rawan tertular Covid-19.

Narasi merupakan cerita populer yang menular dan mampu memengaruhi kehidupan masyarakat. Dalam aspek ekonomi, narasi yang berkembang dalam masyarakat dapat memengaruhi kondisi dan perilaku ekonomi masyarakat, bahkan mampu mendorong sebuah tindakan dalam menentukan nasib perekonomian.

Banyak keuntungan dari memahami suatu narasi atau cerita yang berkembang di masyarakat. Dari cerita yang sedang trending dapat ditemukan apa yang sedang menjadi perhatian publik saat itu. Narasi juga membantu menunjukkan bagaimana reaksi masyarakat terhadap suatu peristiwa. Pemahaman narasi juga dapat digunakan untuk mengevaluasi kejadian besar di masa lalu sekaligus membantu memprediksi fenomena serupa di masa depan.

Editor:
yogaprasetyo
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000