Bebas Akses

Politik & Hukum KPK Tangkap Salah Seorang Ketua Umum Parpol
Pemberantasan Korupsi

KPK Tangkap Salah Seorang Ketua Umum Parpol

Oleh Khaerudin
ANTARA/GALIH PRADIPTA
Penyidik menunjukkan barang bukti uang saat konferensi pers terkait dengan operasi tangkap tangan kasus korupsi pejabat pada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/12/2018) malam.

JAKARTA, KOMPAS — Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap salah seorang ketua umum partai politik dalam sebuah operasi di Jawa Timur, Jumat (15/3/2019). Saat ini yang bersangkutan tengah menjalani pemeriksaan di Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surabaya.

Kabar tentang penangkapan salah satu ketua umum partai politik tersebut dibenarkan oleh salah seorang penyidik KPK. Ketika dikonfirmasi ihwal penangkapan salah seorang ketua umum partai politik tersebut, penyidik KPK ini membenarkan. ”Iya, Mas, (ditangkap) di Jawa Timur,” ujarnya.

Salah seorang penyidik KPK lainnya membenarkan bahwa ketua umum partai politik yang ditangkap tersebut tengah menjalani pemeriksaan di Mapolda Jatim. KPK meminjam salah satu fasilitas ruangan di Mapolda Jatim untuk memeriksa sejumlah pihak yang diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) kali ini. ”Yang bersangkutan sedang diperiksa di Polda Jatim,” ujar penyidik tersebut.

Sudah berlangganan? Silakan Masuk

Konten Premium, Independen

Cari tahu semua konten seputar Pemilu dan dapatkan harga khusus mulai dari Rp20.000 per bulan.

Pemeriksaan yang dilakukan KPK di Mapolda Jatim seusai penangkapan akan menentukan apakah pihak-pihak yang diamankan dalam OTT bakal ditetapkan menjadi tersangka atau dilepas. KPK memiliki waktu 1 x 24 jam seusai penangkapan untuk memastikan status hukum pihak-pihak yang diamankan dalam OTT. Mereka yang ditetapkan sebagai tersangka biasanya akan langsung menjalani penahanan.

Artikel Terkait

KPK Tangkap Salah Seorang Ketua Umum Parpol

JAKARTA, KOMPAS — Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap salah seorang ketua umum partai politik dalam sebuah operasi di Jawa Timur, Jumat (15/3/2019). Saat ini yang bersangkutan tengah menjalani pemeriksaan di Markas Kepolisian Daerah…

KPK Tangkap Ketum PPP, Diduga Terkait Suap Jabatan di Kemenag

Secara terpisah, Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengaku tidak tahu informasi tentang penangkapan Rommy oleh KPK. Arsul mengatakan tengah berada di daerah pemilihannya.  ”Saya lagi cek semuanya karena saya sedang di Dapil Jateng…

Dua Sektor Rawan Korupsi

Operasi penangkapan KPK berkait tipikor tahun 2018 meningkat dari 2017 dan 2016. Komitmen elite politik dan swasta mencegah korupsi sangat penting. JAKARTA, KOMPAS Komitmen elite politik, baik eksekutif maupun legislatif, dan sektor swasta…

Artikel ini bisa diakses hingga 22 Maret 2019 Masuk
Cari tahu semua konten seputar Pemilu dan dapatkan harga khusus mulai dari Rp20.000 per bulan.