Bebas Akses

Nusantara Warga Aceh Kecam Terorisme di Selandia Baru
AKSI DAMAI

Warga Aceh Kecam Terorisme di Selandia Baru

Oleh ZULKARNAINI
KOMPAS/ZULKARNAINI
Warga Aceh pada Sabtu (16/3/2019) melakukan aksi mengecam tindakan terorisme di Selandia Baru.

BANDA ACEH, KOMPAS — Warga Aceh dari sejumlah organisasi pada Sabtu (16/3/2019) melakukan aksi mengecam penembakan terhadap jemaah dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, yang terjadi pada Jumat (15/3/2019). Mereka mendesak Pemerintah Selandia Baru menghukum berat para pelaku terorisme itu dan menjamin rasa aman bagi umat Islam di sana.

Aksi damai itu berlangsung di pusat kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Sekitar 50 warga berdiri melingkar di tugu Simpang Lima. Mereka mengusung spanduk dan poster bernada kecaman terhadap aksi terorisme itu.

Koordinator aksi, Agus Ismansyah, mengatakan, penembakan terhadap jemaah yang sedang melaksanakan ibadah adalah perbuatan biadab. Kata Agus, derita yang dialami korban dan keluarganya juga ikut dirasakan oleh warga Aceh.

”Apalagi, warga negara Indonesia turut menjadi korban. Kami mendesak para pemimpin dunia untuk mengakui bahwa itu adalah tindakan teroris,” kata Agus.

KOMPAS/ZULKARNAINI
Warga Aceh pada Sabtu (16/3/2019) melakukan aksi mengecam tindakan terorisme di Selandia Baru.

Agus menambahkan, pelaku harus dihukum berat. Namun, yang tidak kalah penting, ujar Agus, Pemerintah Selandia Baru harus menjamin keamanan bagi umat Islam di sana. ”Kami juga mendorong Pemerintah Indonesia untuk berperan dalam penyelesaian kasus ini,” katanya.

Sudah berlangganan? Silakan Masuk

Konten Premium, Independen

Cari tahu semua konten seputar Pemilu dan dapatkan harga khusus mulai dari Rp20.000 per bulan.

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga mengecam penembakan di Selandia Baru. Nova mengatakan, umat Islam harus bersatu melawan para teroris anti-Islam demi kemanusiaan.

”Saya mengutuk penembakan yang terjadi di Christchurch, Selandia Baru. Siapa pun pelakunya harus mempertanggungjawabkan kebiadabannya di dunia dan akhirat,” kata Nova.

Umat Muslim di Aceh diajak mengirimkan doa kepada korban dan keluarganya. Umat Muslim juga diingatkan untuk tetap menjaga persaudaraan dan tidak terprovokasi.

Artikel Terkait

Warga Aceh Kecam Terorisme di Selandia Baru

Agus menambahkan, pelaku harus dihukum berat. Namun, yang tidak kalah penting, ujar Agus, Pemerintah Selandia Baru harus menjamin keamanan bagi umat Islam di sana. ”Kami juga mendorong Pemerintah Indonesia untuk berperan dalam…

Dunia Kecam Teror di Selandia Baru

JAKARTA, KOMPAS —Warga dunia mengecam terorisme yang menewaskan 49 orang di kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019). Dalam peristiwa itu, pelaku menyerang dua masjid, Al Noor dan Linwood, saat dipadati jemaah shalat…

Warga Balikpapan Kecam Terorisme dan Radikalisme

BALIKPAPAN, KOMPAS — Ratusan warga Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (15/5/2018) malam, menggelar aksi solidaritas mengecam aksi bom bunuh diri di Surabaya dan juga semua bentuk radikalisme serta terorisme. Warga menyatakan…

Artikel ini bisa diakses hingga 23 Maret 2019 Masuk
Cari tahu semua konten seputar Pemilu dan dapatkan harga khusus mulai dari Rp20.000 per bulan.