Bebas Akses

Olahraga Zidane Masih Andalkan Benzema
Liga Spanyol

Zidane Masih Andalkan Benzema

Oleh Herpin Dewanto Putro
GABRIEL BOUYS / AFP
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane (kanan) menyambut striker Karim Benzema yang ditarik dari lapangan pada laga Liga Spanyol antara Real Madrid CF melawan RC Celta de Vigo di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, 16 Maret 2019.

LEGANES, MINGGU – Real Madrid mulai mengincar nama-nama baru untuk menambah ketajaman lini serang mereka musim depan. Langkah ini tepat bagi Real yang sudah 10 tahun tidak membeli striker baru dan kehilangan Cristiano Ronaldo. Pelatih Real Zinedine Zidane pun memastikan datangnya striker baru tidak akan menggusur Karim Benzema.

Kepastian itu disampaikan Zidane, Minggu (14/4/2019), menjelang laga kontra Leganes yang berlangsung di Stadion Municipal de Butarque, Selasa (16/4) pukul 02.00 WIB. Kemenangan pada laga-laga terakhir musim ini penting bagi Real untuk bangkit dari keterpurukan dan mencapai target finis pada peringkat kedua Liga Spanyol.

Tumpulnya lini serang Real merupakan salah satu penyebab mereka terpuruk musim ini. Oleh karena itu, seperti dilansir laman AS, Zidane kemudian memberi lampu hijau untuk memulangkan Raul de Tomas dari Rayo Vallecano. Sejak tahun 2015, Tomas dipinjamkan ke Cordoba, Real Valladolid, dan Rayo Vallecano. Pemain berusia 24 tahun itu mengoleksi 13 gol untuk Vallecano pada musim ini dan Zidane melihat sudah saatnya kemampuan Tomas dimanfaatkan ”Los Blancos”.

Tomas pun tidak sabar kembali bersama Zidane yang pernah melatihnya saat bermain untuk Castilla, tim pelapis Real Madrid, musim 2014-2015. Zidane memproyeksikan Tomas sebagai pelapis Benzema. Namun, Tomas bisa menggantikan Benzema jika bisa tampil lebih tajam dan konsisten.

REUTERS/RAFAEL MARCHANTE
Luka Jovic, striker Benfica yang dipinjamkan ke Eintracht Frankfurt, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang BEnfica saat memperkuat Eintracht Frankfurt pada laga pertama Liga Europa di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, 11 April 2019. Ketajaman Jovic membuatnya dilirik Real Madrid musim depan.

Real juga berencana membeli Luka Jovic, striker Benfica yang sedang dipinjamkan ke Eintracht Frankfurt. Pemain berusia 21 tahun itu sudah mencetak 25 gol untuk Eintracht di semua kompetisi musim ini. Berbeda dengan Tomas, Jovic diproyeksikan sebagai partner Benzema.

Jovic bisa menggantikan peran Gareth Bale yang akan dilepas Real akhir musim ini karena belum mampu memperbaiki penampilannya. Bale ini baru mencetak delapan gol di La Liga, gol terakhirnya terjadi saat Real mengalahkan Celta de Vigo pada pertengahan Maret.

Sudah berlangganan? Silakan Masuk

Harga Khusus Langganan Mulai dari Rp20.000

Cari tahu semua konten seputar Pemilu dan dapatkan harga Khusus mulai dari Rp20.000 per bulan

Saat mengintip aksi Jovic, para pencari bakat Real juga kepincut dengan Joao Felix, striker Benfica. Pencari bakat itu kebetulan menonton laga pertama perempat final Liga Europa antara Benfica dan Eintracht, akhir pekan lalu. Benfica menang 4-2 dan Felix (19) mencetak tiga gol. Felix musim ini telah mencetak 15 gol dan enam asis di semua kompetisi. Ia bisa bermain sebagai gelandang serang, striker kedua, atau striker murni. Pilihan yang cukup menggiurkan bagi Zidane.

Memperkuat Benzema

Adanya alternatif penyerang itu dinilai semakin menguatkan peran Benzema. Menurut Zidane, Benzema bisa tampil sebagai striker murni atau pengatur serangan. Pada laga terakhir Real, Benzema bahkan mencetak dua gol saat mengalahkan Eibar, 2-1. Striker asal Perancis itu total sudah mengemas 17 gol di Liga Spanyol musim ini.

”Benzema cocok bermain dengan siapa saja karena ia bisa menyatukan semua pemain terbaik,” ujar Zidane seperti dikutip laman Marca.

GABRIEL BOUYS / AFP
Real Madrid’s French coach Zinedine Zidane shouts during the Spanish league football match between Real Madrid CF and SD Eibar at the Santiago Bernabeu stadium in Madrid on April 6, 2019.

Leganes yang kini berada di posisi ke-12 klasemen belum mampu mengalahkan Real dalam lima laga terakhir La Liga. Namun, mereka punya kesempatan karena Real tidak bisa memainkan Toni Kroos, Sergio Ramos, Thibaut Courtois, dan Vinicius Junior yang cedera. ”Saya tidak tahu apakah ini saat terbaik untuk melawan Real, tetapi kami dalam kondisi sangat bagus,” ujar bek Leganes, Unai Bustinza.   (AFP/DEN)

Artikel Terkait

Zidane Masih Andalkan Benzema

Leganes yang kini berada di posisi ke-12 klasemen belum mampu mengalahkan Real dalam lima laga terakhir La Liga. Namun, mereka punya kesempatan karena Real tidak bisa memainkan Toni Kroos, Sergio Ramos, Thibaut Courtois, dan Vinicius…

Pertaruhan Sang Ayah di Bernabeu

Meski tampil mengecewakan pada laga kontra Huesca, Bale juga mencetak satu gol pada laga sebelumnya kontra Celta De Vigo yang berakhir dengan kemenangan Real, 2-0. Penampilan Benzema juga membaik. ”Dia (Benzema) adalah pemain Real dan…

Zidane di Ujung Tanduk

Cristiano Ronaldo lebih mudah dikepung dan tidak diberi ruang tembak jika Bale atau Benzema cedera. Hal itu yang membuat produktivitas gol Ronaldo menurun drastis. Saat Madrid masih memiliki Alvaro Morata, absennya Bale atau Benzema tidak…

Koran Elektronik Kompas

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 15 April 2019 di halaman 23 dengan judul "Zidane Masih Andalkan Benzema".