Bebas Akses

Olahraga Mencari Cara Menjinakkan Curry
nba

Mencari Cara Menjinakkan Curry

Oleh Korano Nicolash LMS
AFP/GETTY IMAGES/EZRA SHAW
Pemain Golden State Warriors Stephen Curry (kiri) merayakan kemenangan bersama Draymond Green (kanan) saat tim mereka mengalahkan Portland Trail Blazers dengan skor 116-94, pada laga pertama babak final NBA Wilayah Barat, Rabu (15/5/2019) pagi WIB di Oracle Arena, Oakland, California.

Pertandingan kedua babak final play off NBA 2019 untuk Wilayah Barat, sudah akan kembali berlangsung Kamis (16/5/2019) malam waktu Amerika Serikat atau Jumat (17/5/2019) pagi Waktu Indonesia Barat.

Pertarungan kedua antara Golden State Warriors dan Portland Trail Blazers, masih akan tetap berlangsung di Oracle Arena, Oakland, California, yang juga merupakan markas Stephen Curry dan kawan-kawannya.

Laga kali ini tentu menjadi tantangan bagi Terry Stotts, pelatih Blazers, untuk mengingatkan Damian Lillard dan kawan-kawan agar tidak lagi membuat kesalahan (turnover). Seperti yang terjadi pada game pertama, Selasa (14/5/2019) lalu.

Sebab dengan 21 kesalahan pemainnya, di mana Lillard sendiri menjadi pencetak kesalahan terbanyak, 7 kali. Keteledoran mereka pun langsung dikonversi menjadi 31 poin oleh Klay Thompson dan pemain Warriors lainnya.

“Kita tidak bisa membiarkan hal itu. Sebab jika anda membiarkan itu tetap terjadi dalam menghadapi tim ini, tertutama pada pertarungan a way, sudah pasti anda akan memiliki peluang tipis untuk meraih kemenangan,” tutur Stotts kepada wartawan.

Itu sebabnya, tambah Stotts, Blazers harus mampu mengembalikan bola sebanyak mungkin. “Dengan sebanyak mungkin kesempatan ketika kita menguasai bola. Itu sebabnya, kita akan lebih menghargai kesempatan yang ada,” ujarnya.

AFP/GETTY IMAGES/EZRA SHAW
Pemain Portland Trail Blazers Seth Curry (kanan) membayangi Stephen Curry (kiri) kakaknya, yang bermain untuk Golden State Warriors. Pada laga itu, Warriors menang dengan skor 116-94, pada laga pertama babak final NBA Wilayah Barat, Rabu (15/5/2019) pagi WIB di Oracle Arena, Oakland, California.

Selain mengurangi kesalahan pada pertarungan kedua, Stotts juga menyiapkan cara untuk bisa menjinakan Stephen Curry agar tidak terlalu merajalela. Walau memang tentu tidak bisa menghentikan Curry selamanya. Sesuai catatan ESPN, ada 7 dari 9 lemparan 3 angka Curry yang dilakukan dalam kondisi Curry tanpa pengawalan satu pun pemain Blazers.

Sudah berlangganan? Silakan Masuk

Tangkap Hadiah Ramadhanmu!

Diskon 30% untuk produk Kompas Digital Premium, board game, buku reguler, dan kaus. Cukup gunakan kode kupon THR2019. Promo berakhir 6 Juni 2019.

Itu sebabnya Curry harus mendapat perhatian khusus. Sekalipun pada laga perdana lalu, Rodney Hood sempat terlihat menjalankan tugas untuk terus membayangi Curry. Walau memang belum cukup berhasil.

Tetapi tentu pada laga kedua ini, Damian Lillard tentu sudah mendapatkan cara pamungkas. Steve Kerr sendiri memang masih belum terlihat menemukan cara setelah dua pemain bintangnya, Kevin Durant dan DeMarcus Cousins, masih harus menjalani proses penyembuhan dari cedera.

Beruntung Kerr memiliki pemain-pemain cadangan yang tidak kalah berbakat dari pemain starter mereka. Hal ini sudah dibuktikan dalam dua pertarungan terdahulu.

USA TODAY SPORTS/JAIME VALDEZ
Pemain depan Golden State Warriors Kevin Durant (35) menahan pelatihnya Steve Kerr setelah dikeluarkan di babak kedua melawan Portland Trail Blazers di Moda Center, Portland, Amerika Serikat, Rabu (13/2/2019) waktu setempat. Jaime Valdez-USA TODAY Sports

Pertama saat menghadapi Houston Rockets pada babak semifinal play off NBA 2019 untuk Wilayah Barat. Pada laga ke-6 lalu. Serta ke duanya yakni pada laga perdana babak final play off NBA 2019 ini. Juga untuk Wilayah Barat kala menghadapi Portland Trail Blazers.

“Seri ini terasa seperti seri di mana kita bisa bermain dengan lebih banyak orang,” kata Kerr, kepada wartawan, seperti yang juga dikutip espn.com maupun AP.

Selain masih akan bergantung kepada spalsh brothers dan pemain starter lainnya, Green, Bogut dan Andre Iguodala, merupakan pemain cadangan andalan Kerr untuk memenangkan Golden State Warriors. Tentu saja, strategi para pelatih akan membuat pertandingan malam ini semakin seru.

Artikel Terkait

Mencari Cara Menjinakkan Curry

Pertama saat menghadapi Houston Rockets pada babak semifinal play off NBA 2019 untuk Wilayah Barat. Pada laga ke-6 lalu. Serta ke duanya yakni pada laga perdana babak final play off NBA 2019 ini. Juga untuk Wilayah Barat kala menghadapi…

Pemula Mencari Cara

Komitmen Selain memikirkan bisnis, Adra juga ingin memegang komitmennya terhadap mode yang peduli masalah sosial dan ramah lingkungan. Setiap dua tahun sekali, ia berencana mengolah limbah sisa kainnya menjadi koleksi baru. Awal tahun ini,…

Mencari Cara Efektif Mencegah Korupsi

Terus terang saya tidak setuju dengan ungkapan yang mengatakan hukum pidana kita hanya tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Kenyataannya ada menteri, anggota DPR, ketua serta hakim anggota Mahkamah Konstitusi, dirjen, gubernur, bupati…