Bebas Akses

Pemilu Prabowo: Apa Pun Putusan MK, Utamakan Keutuhan Bangsa
pemilu 2019

Prabowo: Apa Pun Putusan MK, Utamakan Keutuhan Bangsa

Oleh satrio pangarso wisanggeni
KOMPAS/INGKI RINALDI
Tim hukum pasangan Prabowo-Sandi yang dipimpin Bambang Widjojanto menambah berkas permohonan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) presiden kepada Mahkamah Konstitusi pada Senin (10/6/2019) petang. Tambahan itu berupa perbaikan permohonan dan daftar alat bukti yang masing-masing diajukan sebanyak satu rangkap dan diserahkan kepada bagian Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi.

JAKARTA, KOMPAS – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto meminta pendukungnya untuk mempercayai hakim Mahkamah Konstitusi yang akan memeriksa permohonan perselisihan hasil Pemilihan Umum 2019 yang diajukan oleh Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Prabowo, melalui pesan video pada Selasa (11/6/2019), juga meminta pendukungnya untuk tidak mendatangi MK selama proses persidangan yang akan berlangsung dalam beberapa hari mendatang.

“Percayalah pada hakim-hakim (MK). Apa pun keputusannya, kita sikapi dengan dewasa, tenang, dan mengutamakan kepentingan dan keutuhan bangsa dan negara. Itu sikap dan permohonan kami,” kata Prabowo melalui video yang disebarkan oleh tim media Prabowo-Sandi.

Sudah Berlangganan? Silakan Masuk

Tengah Minggu, Kok Lesu? Ada Diskon 50% Nih!

Pakai kode TENGAHMINGGU201906, dapat diskon 50% untuk Kompas Digital Premium, board game, buku reguler, dan kaus. Hanya berlaku 19 Juni 2019.

Prabowo mengatakan, dengan diambilnya jalur hukum konstitusional untuk menggugat hasil pemilu, ia juga meminta pendukungnya untuk tidak berbondong-bondong mendatangi MK selama rangkaian persidangan berjalan.

“Saya mohon, sami’na wato’na, percayalah kepada pimpinan. Dan untuk itu, kalau Anda sungguh-sungguh mendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, saya mohon tidak perlu hadir di sekitar MK,” kata Prabowo.

Artikel Terkait

Prabowo: Apa Pun Putusan MK, Utamakan Keutuhan Bangsa

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, meminta pendukungnya untuk memercayai hakim Mahkamah Konstitusi yang akan memeriksa permohonan perselisihan hasil Pemilihan Umum 2019 yang diajukan oleh Badan Pemenangan Nasional Prabowo…

Tokoh Agama Banten Imbau Warga Tak Ikuti Aksi Sidang MK

Mereka yang tidak puas terhadap hasil sidang MK tak perlu berdemonstrasi besar-besaran. Kerusuhan di Jakarta pada 22 Mei harus dijadikan refleksi. ”Saya menolak aksi itu. Kalau hanya kepentingan golongan atau pribadi yang dipentingkan,…

Bukti Konkret Prabowo-Sandi Ditunggu

Dalam pokok permohonannya yang diperbaiki, kuasa hukum Prabowo-Sandiaga mengklaim bahwa pasangan calon Prabowo-Sandi seharusnya memperoleh 52 persen suara nasional, sementara pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin memperoleh 48 persen. Komisi…