Bebas Akses

Nama & Peristiwa Keti Tsatsalashvili Mendapat Kejutan Ulang Tahun di Jakarta
Nama dan Peristiwa

Keti Tsatsalashvili Mendapat Kejutan Ulang Tahun di Jakarta

Oleh ADRIAN FAJRIANSYAH
KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH
Pecatur putri asal Georgia Keti Tsatsalashvili ditemui di Jakarta, Senin (10/6/2019).

Perayaan ulang tahun ke-27 bagi ratu catur asal Tbilisi, Georgia WGM Keti Tsatsalashvili boleh jadi adalah momen paling berkesan. Untuk pertama kalinya, hari jadi pecatur kelahiran 10 Juni 1992 itu dirayakan di Indonesia dan di tengah persiapannya mengikuti kejuaraan catur internasional, Turnamen Catur GM dan WGM Japfa 2019 di Yogyakarta pada 13-21 Juni.

Apalagi ia mendapatkan kue tart ulang tahun kejutan dari panitia saat ia sedang mengikuti gelaran konferensi pers turnamen tersebut di Jakarta, Senin (10/6/2019). ”Saya senang campur haru menerimanya karena baru kali ini saya mendapatkan kejutan seperti ini,” ujar Keti sambil menahan tangis haru seusai meniup lilin di atas kue tersebut.

Momen tersebut sekaligus semakin memantapkan kecintaan Keti terhadap Indonesia. Ia menganggap, orang Indonesia sangat ramah dan penuh rasa kekeluargaan. Untuk itu, ia tak ragu untuk ikut turnamen serupa dalam dua tahun berturut.

Sudah Berlangganan? Silakan Masuk

Tengah Minggu, Kok Lesu? Ada Diskon 50% Nih!

Pakai kode TENGAHMINGGU201906, dapat diskon 50% untuk Kompas Digital Premium, board game, buku reguler, dan kaus. Hanya berlaku 19 Juni 2019.

”Dua kali ke Indonesia, saya semakin menyukai negara ini. Di sini, orangnya ramah. Makanannya enak, seperti ayam goreng dan mi. Negara ini juga banyak bangunan-bangunan bersejarah yang unik, antara lain bangunan candi,” kata mantan juara catur Kejuaraan Eropa Catur Remaja U-18 2010 dan Kejuaraan Dunia Catur Remaja U-16 2007 tersebut.

Keti merupakan salah satu pecatur putri terbaik di Georgia. Pecatur dengan elo rating 2.356 itu pernah enam kali menjuarai kejuaraan catur kelompok usia tingkat Eropa dan dunia medio 2007-2010. Ia mulai bermain catur sejak usia delapan tahun. Di negaranya, catur menjadi olahraga paling disukai. ”Biasanya, catur menjadi olahraga rumahan. Saya pertama kali belajar/bermain catur dari kakek saya di rumah,” tutur Keti.

Artikel Terkait

Keti Tsatsalashvili Mendapat Kejutan Ulang Tahun di Jakarta

Perayaan ulang tahun ke-27 bagi ratu catur asal Tbilisi, Georgia WGM Keti Tsatsalashvili boleh jadi adalah momen paling berkesan. Untuk pertama kalinya, hari jadi pecatur kelahiran 10 Juni 1992 itu dirayakan di Indonesia dan di tengah…

Thomas Djorghie Mendapat Kado Spesial Ulang Tahun

Kejutan dari keluarga dan sahabat yang membuat pesta ulang tahun ke-50 model dan penyanyi Thomas Djorghie di Jakarta, Rabu (12/6/2019) malam, berjalan sukses. Bagi Thomas, kejutan ini menjawab keinginannyauntuk merayakan usia emasnya…

Jusuf Kalla Mendapat Dua Kue Ulang Tahun

SEKRETARIAT WAPRES Kue tart untuk Wakil Presiden Jusuf Kalla yang berulang tahun ke-77 di tengah lawatannya di Geneva, Swiss, Rabu (15/5/2019). GENEVA, KOMPAS — Masa lawatan Wakil Presiden Jusuf Kalla diawali dengan kejutan ulang…

Koran Elektronik Kompas

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 12 Juni 2019 di halaman 24 dengan judul "Keti Tsatsalashvili, Kejutan Ulang Tahun ".