Bebas Akses

Nusantara Serempet Truk, Minibus Meledak di Tol Pandaan-Malang
KECELAKAAN

Serempet Truk, Minibus Meledak di Tol Pandaan-Malang

Oleh SIWI YUNITA CAHYANINGRUM

 

KOMPAS/SIWI YUNITA
Satu korban dievakuasi di jalur tol akibat kecelakaan di Jalan Tol Pandaan-Malang Kilometer 70, Rabu (12/6/2019).

MALANG, KOMPAS — Sebuah mobil minibus jenis Kijang Innova meledak setelah terlibat kecelakaan dengan truk bermuatan kelapa dan pisang, Rabu (12/6/2018), pukul 10.30. Kecelakaan antara truk dan minibus itu terjadi di Jalan Tol Pandaan-Malang Kilometer 70, Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, atau menjelang pintu keluar Singosari arah Malang.

Semua penumpang minibus yang berjumlah tujuh orang dapat dievakuasi dan selamat. Pengemudi truk juga selamat dan langsung dibawa ke pos patroli jalan raya.

KOMPAS/SIWI YUNITA
Toyota Kijang Innova meledak setelah menabrak truk di jalur Tol Pandaan-Malang Km 70, Pasuruan, Jawa Timur. Kecelakaan itu terjadi pada Rabu (12/6/2019), pukul 10.30. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Saat kecelakaan terjadi, petugas patroli jalan raya langsung menutup jalur tol di kedua arah. Saat itu, api sudah melalap sebagian minibus. Beberapa menit kemudian minibus itu meledak. Ledakan beberapa kali terjadi. Asap hitam memenuhi sekitar lokasi kecelakaan.

Ledakan itu membuat panik para pengguna jalan tol. Sejumlah bus dan mobil lain diminta mundur untuk mengantisipasi bahaya sambaran api.

Kecelakaan terjadi karena mobil yang mereka tumpangi bersenggolan dengan truk di depannya. Mobil saat itu melaju dengan kecepatan tinggi.

Deki (22), penumpang minibus yang terbakar, mengatakan, kecelakaan terjadi karena mobil yang mereka tumpangi bersenggolan dengan truk di depannya. Mobil saat itu melaju dengan kecepatan tinggi.

”Truk yang ada di kiri jalan tiba-tiba memotong jalan dengan mengambil kanan. Bapak saya yang sedang menyetir sudah mengerem semaksimal mungkin, tetapi tabrakan tak terhindarkan,” katanya.

KOMPAS/SIWI YUNITA
Kondisi minibus yang meledak di Jalan Tol Pandaan-Malang Km 70, Pasuruan, Jawa Timur.

Jejak rem mobil terlihat di jalur tol sepanjang 20 meter. Tabrakan itu mengakibatkan truk terguling ke kiri, sedangkan minibus ringsek dan terbakar.

Sudah Berlangganan? Silakan Masuk

Tengah Minggu, Kok Lesu? Ada Diskon 50% Nih!

Pakai kode TENGAHMINGGU201906, dapat diskon 50% untuk Kompas Digital Premium, board game, buku reguler, dan kaus. Hanya berlaku 19 Juni 2019.

Lima penumpang dapat dikeluarkan dari minibus sebelum api membesar. Menurut Deki, ada lima penumpang dewasa, satu anak-anak, dan satu anak balita di mobilnya.

Mereka selanjutnya dievakuasi ke pinggir jalur tol, menunggu ambulans. Beberapa pengguna jalan turun membantu mengevakuasi mereka. Sekitar pukul 11.30, korban pun dibawa ke Puskesmas Lawang.

Menurut pengemudi minibus Kijang Innova, Andi, keluarganya berangkat dari Gresik menuju Malang untuk berwisata. ”Naas, kami malah kecelakaan,” katanya.

Pukul 11.00, minibus dan truk masih berada di jalur tol. Namun, jalur tol mulai bisa dilalui meskipun hanya satu dari tiga lajur yang tersedia.

KOMPAS/SIWI YUNITA
Kendaraan dari arah Surabaya-Malang diminta mundur untuk menghindari ledakan di Jalan Tol Pandaan-Malang, Rabu (12/6/2019).

Kepala Polres Pasuruan Ajun Komisaris Besar Rizal Martomo saat dihubungi mengatakan, personelnya masih mengecek lokasi kecelakaan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pasuruan Ajun Komisaris Eko Iskandar menambahkan, ada dua versi penyebab kecelakaan. ”Versi pertama, truk memotong jalan. Versi kedua, mobil Innova dari arah Surabaya-Malang mendahului kendaraan lain kemudian menabrak truk yang bermuatan kelapa dari belakang sehingga truk terguling dan mobil Innova korsleting, kemudian terbakar,” tutur Eko.

Artikel Terkait

Serempet Truk, Minibus Meledak di Tol Pandaan-Malang

Sebuah minibus jenis Kijang Innova meledak setelah terlibat kecelakaan dengan truk bermuatan kelapa dan pisang, Kamis (12/6/2018), pukul 10.30. Kecelakaan antara truk dan minibus itu terjadi di Jalan Tol Pandaan-Malang Kilometer 70,…

Minibus Tabrak Sepeda Motor, Suami Istri Tewas

Kecelakaan lalu lintas antara minibus dan sepeda motor terjadi di Jalan Desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (16/5/2019) siang. Suami istri pengendara sepeda motor bernomor polisi N 6351 DX meninggal akibat…

Tol Pandaan-Malang Tingkatkan Ekonomi Malang Raya

”Hal ini berdampak besar pada mobilitas masyarakat, barang, dan jasa. Semoga manfaat yang besar ini bisa berikan rasa syukur dan nikmat masyarakat bahwa segala kemudahan dan aksesibilitas bisa ditingkatkan,” katanya. Digratiskan dulu.…