Bebas Akses

Metropolitan Kapolri : Arus Mudik Lancar
Mudik 2019

Kapolri : Arus Mudik Lancar

Oleh Wisnu Aji Dewabrata
KOMPAS/TATANG MULYANA SINAGA
Pemudik melintas di Jalan Raya Pantura di Astanamukti, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). Pemudik yang didominasi pengguna sepeda motor sudah memadati jalur tersebut sejak Rabu malam.

JAKARTA, KOMPAS – Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian mengapresiasi lancarnya arus mudik pada masa Lebaran 2019. Kelancaran ini tak lepas dari dukungan semua pihak.

Apresiasi itu disampaikan Tito saat apel persiapan pengamanan sidang perselisihan hasil pemilihan umum, Kamis (13/6/2019) di lapangan Monas.

Tito menilai, kelancaran arus mudik disebabkan infrastruktur yang lebih baik, yakni dengan adanya tol Trans Jawa dan tol Bakaheuni ke Palembang. Kesiapan bandara, pelabuhan, terminal juga bagus.

Selain itu, rekayasa lalu lintas yaitu lawan arus dan satu arah sesuai dinamika kepadatan lalu lintas, juga turut menyumbangkan kelancaran arus mudik ini.

Tahun ini, ada faktor waktu mudik yang panjang. Kondisi ini membuat tidak adanya puncak arus mudik, tetapi gelombang arus mudik.

Permasalahan tahun ini adalah waktu arus balik yang sangat pendek sehingga Sabtu dan Minggu lalu terjadi kepadatan.

Sudah Berlangganan? Silakan Masuk

Tengah Minggu, Kok Lesu? Ada Diskon 50% Nih!

Pakai kode TENGAHMINGGU201906, dapat diskon 50% untuk Kompas Digital Premium, board game, buku reguler, dan kaus. Hanya berlaku 19 Juni 2019.
KOMPAS/MACHRADIN WAHYUDI RITONGA
Jalur Nagreg, Kabupten Bandung dipadati arus balik mudik dari arah Garut dan Tasikmalaya, Minggu (9/6/2019).

Hari Jumat terjadi kepadatan bukan di tol tapi jalan provinsi dan kabupaten. Penyebabnya, masih banyak warga ingin pulang kampung, sementara warga ada yang kembali ke Jakarta ditambah warga yang ingin silaturahmi dan berwisata.

“Untuk keamanan ada tiga hal menonjol. Pertama serangan teror di Kartasura. Kedua peristiwa konflik di Buton melibatkan dua desa. Ketiga unjuk rasa di depan Bawaslu yang meluas sampai ke Tanah Abang,” kata Tito.

Baca juga : Kereta Api, Pilihan Utama Moda Transportasi Mudik 2019

Baca juga : Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Kapal di Pontianak Melonjak

Artikel Terkait

Kapolri : Arus Mudik Lancar

Hari Jumat terjadi kepadatan bukan di tol tapi jalan provinsi dan kabupaten. Penyebabnya, masih banyak warga ingin pulang kampung, sementara warga ada yang kembali ke Jakarta ditambah warga yang ingin silaturahmi dan berwisata. “Untuk…

H-2 Lebaran, Arus Mudik Lancar

KOMPAS/RADITYA HELABUMI Kondisi lalu lintas di bekas Gerbang Cikarang Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek tampak lengang saat pantauan udara menggunakan helikopter Bell 505 yang dioperasikan PT Whitesky Aviation, Senin (3/6/2019). Pada H-2…

Pemudik Diimbau Hindari Puncak Arus Balik Sabtu-Minggu

Pemerintah mengupayakan arus balik menyebar dan tidak bertumpuk di satu hari. Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 8 hingga 9 Juni 2019. Untuk itu, pemudik diimbau kembali ke Jakarta sebelum atau setelah tanggal tersebut. Polisi…