Bebas Akses Ada ”Indonesia” di Stadion Tottenham yang Baru
KOMPAS/DANU KUSWORO
Foto Cerita

Ada ”Indonesia” di Stadion Tottenham yang Baru

Oleh·
KOMPAS/DANU KUSWORO

Merekam Pertandingan

Berkesempatan menyaksikan laga pamungkas Spurs melawan Everton dalam gelaran Liga Inggris musim 2018/2019 lalu menjadi pengalaman baru. Walaupun ”The Lilywhites” hanya bermain imbang 2-2, kemegahan stadion baru mereka menjadi daya tarik tersendiri.

KOMPAS/DANU KUSWORO

It’s About Glory

KOMPAS/DANU KUSWORO

Pengamanan Stadion

Dengan kapasitas 62.062 penonton, stadion ini menjadi yang terbesar kedua di Liga Inggris setelah Old Trafford milik Manchester United. Stadion berjulukan ”Theatre of Dreams” itu tercatat memiliki 74.000 tempat duduk.

KOMPAS/DANU KUSWORO

Balkon Teratas

Walaupun molor beberapa waktu, stadion baru yang berdiri di atas stadion lama White Hart Lane yang sudah dihancurkan pada 2017 itu akhirnya digunakan secara resmi pada 3 April 2019, saat menjamu Crystal Palace pada lanjutan Liga Inggris.

KOMPAS/DANU KUSWORO

Jajaran Bintang

KOMPAS/DANU KUSWORO

Tahun Berdiri

Menyatu dengan rumah-rumah penduduk yang hanya berjarak belasan meter, stadion ini terlihat kecil jika dibandingkan dengan beberapa stadion sepak bola di Indonesia yang biasanya terletak jauh dari permukiman. Namun, penilaian itu langsung hilang ketika kita memasuki kawasan dalam stadion. Terlihat beberapa ruang berukuran besar yang biasanya dipergunakan untuk menikmati segelas bir dan makanan ringan sambil menunggu pertandingan dimulai.

Antre di Kantin

Yang menarik adalah saat penulis menemukan ”Indonesia” pada dinding lorong menuju pintu masuk arena pertandingan. ”Indonesia Spurs” berjajar bersama puluhan nama dari negara lain menghiasi dinding itu.

KOMPAS/DANU KUSWORO

Indonesia Spurs

Ya, ada Indonesia di Stadion Tottenham Hotspur.