logo Kompas.id
UtamaSuwarga, Kanal Suara Warga...
Iklan

Suwarga, Kanal Suara Warga Kota Banda Aceh

Pemerintah Kota Banda Aceh membuat aplikasi pengaduan daring bagi warganya. Lewat aplikasi itu, pengguna bisa terlibat dalam pembangunan kota, termasuk melaporkan sejumlah masalah kota agar segera direspons oleh pemerintah. Melalui Suwarga, warga punya tempat untuk bersuara.

Oleh
ZULKARNAINI
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/hRzXBOhDMvV7HRR6CHoL9Ox6S9A=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F07%2F20190627AIN-Inovasi-Daerah-Suwarga1_1561628470.jpg
KOMPAS/ZULKARNAINI

Aplikasi Suwarga yang dirancang oleh Pemkot Banda Aceh, Provinsi Aceh, sebagai sarana aduan daring bagi warga di kota tersebut. Aplikasi ini dirancang agar warga mudah menyampaikan masalah yang terjadi di lingkungannya. Aduan warga ditindaklanjuti oleh dinas terkait.

Dalam perjalanan ke kantor, Furqan (20), warga Kota Banda Aceh, Aceh, melihat tumpukan sampah di tepi jalan protokol. Ia potret lalu kirim ke dalam aplikasi pengaduan warga, Suwarga, di gawainya.

Jeda beberapa saat, pengaduan diterima Andri Darnius, administrator Suwarga, di salah satu ruang Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Banda Aceh. Andri memverifikasi aduan itu dengan  memastikan lokasi dan materi aduan sesuai aturan. Aduan diteruskan ke Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Keindahan Kota.

Editor:
gesitariyanto
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000