Politik & Hukum Megawati Minta Jatah Menteri Terbanyak di Kabinet Jokowi-Amin

Kongres PDI-P

Megawati Minta Jatah Menteri Terbanyak di Kabinet Jokowi-Amin

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta porsi terbesar dalam komposisi kabinet pemerintah periode 2019—2024. Hal itu ia sampaikan secara terbuka dalam pembukaan Kongres V PDI-P di Ruang Agung, Hotel Grand Inna Bali Beach, Kamis (8/8/2019) siang.

Oleh KURNIA YUNITA RAHAYU
· 2 menit baca
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri didampingi puteranya yang menjabat Ketua DPP PDI-P bidang Ekonomi Kreatif, Prananda Prabowo, berjalan menuju podium untuk menyampaikan pidato politik saat acara pembukaan Kongres V PDI-P di Grand Inna Bali Beach Hotel, Bali, Kamis (8/8/2019).

DENPASAR, KOMPAS – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta porsi terbesar dalam komposisi kabinet pemerintah periode 2019—2024. Hal itu ia sampaikan secara terbuka dalam pembukaan Kongres V PDI-P di Ruang Agung, Hotel Grand Inna Bali Beach, Kamis (8/8/2019) siang.

Permintaan itu disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo yang hadir pada acara tersebut. Hal itu juga disaksikan sejumlah tokoh politik yang hadir dalam pembukaan kongres, serta 2.178 peserta kongres yang merupakan utusan 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi.

“Saya meminta dengan hormat kepada bapak presiden, PDI-P harus masuk kabinet dengan jumlah menteri terbanyak,” kata Megawati. Permintaan yang ia ucapkan dengan berkelakar, tetapi berapi-api itu disambut meriah para peserta kongres.

Sebagai partai pengusung utama pemerintah yang telah memenangkan Presiden Jokowi dua kali berturut-turut, PDI-P merasa berhak atas porsi terbesar itu. Sebab, sejumlah partai politik yang tidak membantu perolehan suara untuk Jokowi pun meminta jatah menteri.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden Terpilih KH Maruf Amin, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri ke kanan) hadir saat pembukaan Kongres V PDI-P di Grand Inna Bali Beach Hotel, Bali, Kamis (8/8/2019).

Megawati pun meminta seluruh peserta kongres untuk menjadi saksi permintaan tersebut dan komitmen Jokowi nantinya. “Kalau nanti hanya dikasih empat menteri, emoh, tidak mau, tidak mau, tidak mau,” ucapnya.

Sudah Berlangganan? Silakan Masuk

Konten premium, independen.

Anda sedang mengakses konten premium Kompas.id secara gratis.

Pada Pemilu 2019, pasangan Jokowi-Amin menang atas lawannya yaitu Prabowo-Sandi. Jokowi-Amin mendapatkan suara sebesar 55,5 persen dari total suara pemilih.

Adapun PDI-P merupakan partai yang mendapatkan suara terbanyak dalam Pemilu 2019. Partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu meraih suara sebesar 19,33 persen dari total suara pemilih.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat pembukaan Kongres V PDI-P di Grand Inna Bali Beach Hotel, Bali, Kamis (8/8/2019).

Permintaan tersebut ditanggapi langsung oleh Jokowi yang memberikan sambutan pada pembukaan kongres seusai pidato Megawati. Menurut Jokowi, jika empat kursi menteri diberikan kepada PDI-P dan partai politik lain hanya diberi dua kursi, artinya PDI-P  sudah mendapatkan dua kali lipat.

Jokowi tidak bisa menyebutkan berapa jumlah kursi yang bisa diberikan. Akan tetapi, ia berkomitmen untuk memenuhi permintaan Megawati.

“Yang jelas, PDI-P pasti yang terbanyak. Itu jaminannya saya,” kata Jokowi.

Editor Emilius Caesar Alexey
Bagikan