logo Kompas.id
UtamaTanggap Digital
Iklan

Tanggap Digital

Pusat perbelanjaan bertransformasi terhadap perkembangan digital dengan menghadirkan multisaluran. Kesadaran menyesuaikan diri terhadap teknologi telah berlangsung di mal-mal kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya.

Oleh
BM Lukita Grahadyarini
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/eXxa6xeJ2-OzD7yrzDP2ljQm4ZA=/1024x718/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F07%2F20190730PRI3HR_1564478424.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO

Pengunjung berbelanja di pusat perbelanjaan ritel di kawasan Ciledug, Kota Tangerang, Banten, Selasa (30/7/2019). Potongan harga masih menjadi senjata utama pelaku usaha ritel di tengah ketatnya persaingan. Pola belanja sebagian masyarakat yang berubah, antara lain, dengan menggunakan aplikasi digital di gawai atau mengakses laman perdagangan elektronik, juga menjadi tantangan para pelaku usaha.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia mencatat, pusat belanja di kota besar yang tanggap digital dengan model multisaluran atau omnichannel menunjukkan hasil yang baik, tingkat okupansi peritel terjaga baik, dan jumlah pengunjung yang terus meningkat. Sebaliknya, performa pusat belanja yang tidak mengadopsi teknologi digital turun hingga 50 persen.

Populasi penduduk usia di bawah 30 tahun yang sangat ”dekat” dengan teknologi digital mendorong pengelola pusat belanja beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan. Bahkan, meningkatkan layanan penjualan dalam jaringan.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000